Tips Atasi Cacingan Pada Kucing

2:57 AM
Tips Atasi Cacingan Pada Kucing

Melihat kucing kesayangan kita terus sehat dan semangat adalah salah satu dambaan kita. Tapi adakalanya kucing kita bisa sakit baca : penyakit kucing Salah satu penyakit kucing yang sering menyerang adalah cacingan. Cacingan pada kucing bisa diakibatkan oleh beberapa macam cacing, yaitu : Cacing gelang,m cacing tambang, cacing pita, atau cacing paru-paru. Terkadang beberapa cacing bisa ada sekaligus dalam tubuh kucing anda.

Untuk mendiagnosis kucing yang terkena cacingan bisa dilihat dari beberapa gejala kucing terkena cacingan.

Kucing diare.
Cacing terlihat pada kotoran.
Terdapat butiran putih (telur cacing) di dubur kucing.
Bulu kucing terlihat kusam
Bagian dari cacing terlihat didekat dubur kucing
Kotoran yang berdarah
Kembung atau bundar, perut kucing yang terlihat buncit
Berat badan turun, badan terlihat kurus
Muntah-muntah, sesekali muntah terlihat ada cacingnya
Sembelit
Batuk
Gangguan pernafasan

Jika beberapa gejala diatas terlihat pada kucing anda, kemungkinan besar kucing terkena cacaingan. Untuk mengobati kucing cacingan ada beberapa langkah, pertama kita diagnosa dengan gejala diatas,
Kemudian obati dengan obat cacing yang pas, dan terakhir bisa melakukan pencegahan terhadap cacing.

Mengobati kucing cacingan

Untuk mengobati kucing yang terkena cacingan lebih baik membawanya ke dokter hewan, ini adalah cara teraman dan baik bagi kucing. Adakalanya kita tidak bisa mendapati dokter hewan terdekat dan harus jauh ke kota (seperti di tempat saya) anda bisa mengobati sendiri kucing anda dengan obat cacing untuk manusia. Saya rekomendasikan obat cacing combantrin, karena obat ini sangat efektif untuk pengobatan cacing, saya juga membrikan obat ini untuk burung merpati saya. Jangan berikan obat cacing pada kucing yang sedang hamil.

Pemberian obat cacing pada kucing

Pemberian bisa dilakukan dengan cara melakukan spet pada kucing, biasanya dengan suntikan tanpa jarum, atau suntikan yang dimodifikasi, jarum diganti dengan selang karena combantrin berbentuk cair. Dosis pemberian pada kucing yaitu 1 ml / 2kg, jika kucing mempunyai berat 2 kg beri 1 ml, jika 4 kg beri 2 ml. Kucing tidak akan menyukainya tetapi anda harus memaksanya. Jika kucing masih anak-anak (dibawah 3 bulan) beri combantrin anak rasa jeruk hehe.
Tips Atasi Cacingan Pada Kucing

Berikan selama 2 minggu sekali selama 1 bulan. Pemberian minggu pertama difungsikan untuk membunuh cacing dewasa dan cacing kecil. Pemberian kedua difungsikan untuk membunuh laeva yang sudah berubah menjadi cacing yang belum terbasmi di pengobatan pertama.

Jangan kaget setelah pemberian obat, kucing ada yang muntah cacing, ada yang mengeluarkan cacing, dll. Lihat perkembangannya terutama di badan yang mulai gemuk kembali, saya sudah mencoba dengan cara ini dan berhasil bagi kucing saya.

Saran : Kucing sakit karena cacingan lebih baik bawa ke dokter karena cara diatas bukan jaminan memulihkan kondisi kucing yang sakit, Namun sebagai cara alternative pengobatan yang bisa kita coba dirumah. Jika Anda ragu mengobatinya sendiri Dokter adalah alternatif terbaik bagi kuving Anda.

Demikian Tips Mengobati Keracunan Pada Kucing Karena Makanan, semoga bermanfaat..

You Might Also Like

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Komentar

No comments